Minggu, 04 Juli 2010

TEMPO Pada Musik

TEMPO


Jika melodi dapat dianalogikan sebagai jiwa bagi musik maka jantungnya ialah ritme dan tempo. Tempo merupakan “polisi lalulintas” yang mengatur kelancaran lalulintas sedangkan kelancaran lalulintasnya ialah ritme. Petunjuk tempo pada naskah musikal tertulis di kiri atas halaman permulaan sebuah karya musik. Petunjuk tersebut memberitahukan kepada pemusik seberapa cepat karya tersebut harus dimainkan; apakah Andante (biasa secepat orang berjalan), Allegro(cepat), Largo (lebar/ lambat), Presto (sangat cepat), dan sebagainya
(Ewen 1963, 4).

Dalam prakteknya, kecepatan tempo adalah relatif. Pada masa lalu istilah cepat dan lambat hanya untuk membedakan kecepatan di antara satu lagu dengan lagu yang lain sedangkan rincian seberapa cepat harusnya sebuah lagu dimainkan, belum ada.
Menjelang akhir abad ke-18 ditemukan metronom, yaitu instrumen untuk mengukur
berbagai kategori kecepatan tempo musik. Walaupun kini yang dianggap
sebagai penemu instrumen tersebut ialah seorang ahli dari Jerman bernama Johann Nepomuk Maelzel (1772–1838) namun sebenarnya idenya telah terlebih dahulu ditemukan oleh Dietrich Nikolaus Winkel (c.
1776–1826) dari Belanda.

Metronom terdiri dari sebuah bandulan yang posisinya dapat diubah-ubah dengan menggeser kepala bandulan tersebut pada sebuah tongkat pengayun guna mengatur kecepatan gerak bandulan sesuai dengan skala angka yang dibutuhkan. Bandulan dan tongkatnya digerakkan oleh per dalam suatu rangkaian mesin yang setiap kali
gerakan bandulan mencapai masing-masing sisi akan terdengar bunyi ketokan yang menandai pulsa atau ketukan.

Pada metronom terdapatfasilitas yang dapat mengatur jenis irama tertentu dengan bunyi ”ting”yang lebih menonjol dan nyaring dari bunyi ketokan yang monoton. Misalnya pada irama 3/4 akan terdengar pola bunyi ”ting, tok, tok, tok”, yang berulang-ulang. Sehubungan dengan itu di samping tanda tempo berupa istilah
istilah biasanya pada permulaan naskah musikal juga tertulis tanda metronom yang ditulis, misalnya “M.M.
(Maelzel's metronome)

= 60” : yang menunjukan bahwa kecepatan lagu yang dituntut ialah setiap satu
ketukan nada setengah setara dengan 60 ketokan per menit. Kemasan metronom konvensional cenderung pada bentuk piramid. Walaupun metronom konvensional masih tetap diproduksi, saat ini kita juga bisa memperoleh berbagai macam model metronom elektronik ataupun digital. Dalam sejarah musik klasik,metronom pernah satu kali dipergunakan sebagai alat musik, yaitu pada karya komponis Honggaria, György
Ligeti, berjudul Poème symphonique (1962), yang menggunakan 100 metronom
(Encyclopedia Britanica 2005) Secara umum tempo musik dapat diklasifikasikan menjadi 6 gradasi, mulai dari kategori sangat lambat, lambat, sedang, agak cepat, cepat, dan sangat cepat. Pada masing-masing kategori tersebut paling tidak terdapat antara dua hingga empat sub kategori.

KATEGORI SUB KATEGORI KETERANGAN
Sangat Lambat Largo Luas
Grave Serius
Lambat Lento -
Adagio Gemulai, ringan (tidak tergesa-gesa), santai(slowly).
Sedang Andante Berjalan – dalam tempo orang berjalan)
Andantino Sedikit/ seperti andante (lebih cepat dari andante)
Moderato -Agak Cepat Allegretto Agak hidup (tidak secepat allegro)
Cepat Allegro Gembira, ceria, hidup.
Sangat Cepat Allegro molto Sangat hidup
Vivace Enerjik, bersemangat, hidup.
Presto Sangat cepat
Prestissimo Secepat mungkin

Terminologi di atas dapat dimodifikasi dengan menambahkan kata-kata molto (sangat) meno (kurang) poco (sedikit) dan non troppo (tidak terlalu banyak). Poco allegro dapat berarti agak Allegro. Allegro non troppo berarti tidak terlalu allegro.

Di samping tanda tempo yang tetap di atas ada juga istilah yang mengindikasikan
perubahan tempo. Yang paling sering digunakan di antaranya ialah accelerando (berangsurangsur menjadi cepat) dan ritardando (berangsur melambat); tanda a tempo (kembali ke tempo asal) biasanya terdapat pada bagian yang telah dilalui tanda perubahan tempo namun bukan di bagian akhir lagu.

Tugas :

1. Mainkanlah/Nyanyikanlah salah satu lagu dari komposer yang kamu minati Indonesia/mancanegara, mainkanlah lagu dengan tempo yang sesuai. (alat musik Bebas)
2. Berikanlah tanda tempo lagu yang sesuai pada lagu berikut ini

29 komentar:

  1. Lapor!
    Saya Firda Fairuz,
    XI Aksel,
    Bisa memainkan alat musik piano, biola, harmonika, rekorder dan pianika,
    Genre musik favorit : Klasik, karena menurut saya intensitas perasaan yang terkandung dalam musik klasik paling tinggi bila dibandingkan dengan musik jenis lain.
    Laporan selesai.

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum pak!
    saya M. Fajar Adianto
    XII IPA 2

    alat musik yang saya kuasai sepertinya cuma rekorder(sebagian bilang suling >,< gak tau mana yg bener)
    tapi saya lagi belajar gitar :D

    Genre musik yang saya sukai : pop & jazz

    BalasHapus
  3. Salam dashyat Pak,

    Nama saya Denny Suwarso Putra
    XII IPA 3
    Alat musik yang dikuasai: Piano & Guitar
    Genre: Pop easy listening

    BalasHapus
  4. Nama: Neysa Nadia Lestari
    Kelas : XI-Aksel
    Bisa memainkan: keyboard, piano, drum, pianika, rekorder. (Tapi nggak ada yang bener2 dikuasai hehehe :D)
    Genre yang disukai: Pop, klasik. Kalo pop alasannya karena ringan, enak didengar dan bisa cocok ke segala suasana. Klasik (biasanya piano) karena menghanyutkan dan bikin pengen bisa maininnya :p

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum
    Saya Bellarini (Bella)
    kelas XI sos 1
    saya bisa main: keyboard, piano, biola, pianika, rekorder, terompet.
    genre lagu yang saya sukai: Klasik (saya suka mainnya doang), pop, dance, hiphop, R&B apa aja yang emang di dengar

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum
    numpang lapor, pak
    Saya Fahrina Yuliani
    Kelas XI Sos 1
    Alat musik yang saya bisa mainkan itu rekorder,pianika,angklung,dan keyboard(lagi dalam tahap pembelajaran)
    Genre lagu yang saya sukai itu pop dan jazz,sebenarnya saya senang mendengarkan segala musik yang enak didengar bagi saya

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum
    lapor pak!
    nama saya Ghassani Deastari
    Kelas XII IPA 3

    alat musik yang bisa saya mainkan itu pianika, rekorder, bellyra, kendang (sedikit), bonang, gambang, kromong, saron, gong, angklung, biola (sedikit banget), bass (sedikit), gitar,
    drum dan flute.

    Genre lagu yang saya suka itu hampir semua genre musik (lebih tepatnya musik yang enak untuk di dengar) tapi paling suka klasik.

    sekian, wass wr wb

    BalasHapus
  8. Nama : RR Vita A. Prastiti
    Kelas : 12 IPA 3
    alat musik yg dikuasai: pianika, seruling
    genre musik yg disukai: easy listening, pop, r n b, instrument


    Nama : Nindyasari Laksmita Putri
    Kelas : XII IPA 3
    Alat musik yang dikuasai : sedikit bisa piano
    Musik Favorit : Jazz, pop, hip hop.

    BalasHapus
  9. Nama saya Wahyuni Wulandary
    Kelas XII IPA 3
    Saya dapat memainkan sedikit jenis alat musik seperti pianika dan angklung
    Genre musik yang saya sukai itu pop, klasik dan jenis musik yang energik

    BalasHapus
  10. Nama: Salicca Dewi Rahajeng
    Kelas: XII IPA 3
    Alat musik yang dikuasai: Untuk saat ini, saya dapat memainkan pianika dan rekorder. Tapi saya sedang belajar bermain keyboard :D
    Genre musik yang disukai: Hampir semua kecuali musik-musik metal dan semacamnya

    BalasHapus
  11. Nama : Tria Halimatu Sa'diyah
    Kelas: XI.Akselerasi
    bisa memainkan alat musik pianika ,recorder ,angklung,piano juga sempet bisa tapi udah lama ga dicoba lagi (ga ada yg dikuasai bener" pak hehe)
    Genre yg saya suka banget itu jazz ,improvisasinya main banget soalnya :) tapi pop juga suka :D

    BalasHapus
  12. Nama : Atikah Sayogo Putri
    Kelas: XI-Aksel
    Saya sangat handal dan profesional dalam memainkan piano, gitar, biola, angklung, rekorder, dan pianika (mimpi aja kok pak, gak ada yang jago huhuhuhuhu T*T )
    Genre sukanya pop, modern country, soft jazz (kalo yang murni jazz masih terlalu berat pak ehehe), klasik, apapun selain those metal stuffs! -.-

    BalasHapus
  13. Nama: Gisheila Ruth Anggitha N
    Kelas: XI akselerasi
    alat musik yang bisa dimainkan: keyboard, pianika, recorder
    jenis musik yang disuka: pop dan klasik karena enak d dengar :D

    BalasHapus
  14. Nama: Kenita Firsa Ramadani
    Kelas:XI. Akselerasi
    bisa main drum, recorder, pianika, belira,snare drum,symbal (dan teman"nya di marching kecuali bass dkk yg membutuhkan tenaga super). piano juga pernah bisa tapi udah lupa :D
    musik yg disuka klasik karena damai :p

    BalasHapus
  15. Nama : Mutiara Puspahati Cripstyani
    kelas : XI akselerasi
    bisa main recorder, pianika, harmonika, snare drum, belira/ marching bell, cymbal, trio tam, kuarto (alat-alat marching. tapi ga mahir juga sih pak)
    genre musik yg disuka : pop dan klasik karena itu paling membuat saya nyaman pas lagi dengerin

    BalasHapus
  16. Nama : Aditya pamungkas
    Kelas: XI-Aks

    wah blog-nya bagus bgt pak......

    saya hanya bisa bermain pianika atau keyboard pak...
    tapi hanya sekedar bisa...

    untuk genre musik saya tidak terlalu memperhatikan,karena saya tidak mengerti jenis-jenisnya. saya hanya asal mendengarkan lagu

    ass.

    BalasHapus
  17. Nama: Fahreza Nurrizky
    Kelas: XI Aksel
    Alat Musik: -
    Genre: K-Pop => yang nyanyi cantik pak!!! Liat deh ahahahahah

    BalasHapus
  18. Nama : Laras Hapriani
    Kelas : XI Aksel
    Bisa main alat musik recorder & pianika, tapi ga mahir banget pak :p
    Suka genre musik pop, R'nB, & instrumental .
    Pop karena variatif , R'nB karena gaul dan asik pak :p , kalo instrumental itu easy listening :)

    BalasHapus
  19. Nama : Lindah Syafaastuti
    kelas : XI akselerasi
    bisa main recorder, pianika haha
    genre musik yg disuka : r n'b, pop rock.seru aja dengerinnya hehe

    BalasHapus
  20. Nama : Agung Putra Pasaribu
    Kelas : XI Akselerasi
    Alat Musik yang Dapat Dimainkan : gitar
    Genre Musik yang Disuka : suka semuanya sama pak... bedanya enak didengar dan tidak enak didengar aja pak

    BalasHapus
  21. Nama: Tifanny Ulima
    Kelas: XI Aksel
    Alat musik yang dikuasai: biola, piano(bisa dikit), drum(bisa dikit), gitar(bisa dikit juga pak)
    Genre: classic-->bisa menenangkan hati kalau lg galau lhoo -,- jazz--> santai kalo didenger, pop-->asyik aja~

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum pak!
    Nama: Fadhil Gindo Nuraldi
    Kelas: XI-Aksel
    Alat musik yang bisa dimainkan: gitar, bass gitar, kalo pianika sama rekorder udah lupa
    Genre: semua yang enak didenger, keroncong sama dangdut kalo enak juga boleh.
    Wassalamualaikum pak

    BalasHapus
  24. Nama : Adini Qisthi Arifah
    Kelas: XI-Akselerasi
    Bisa memainkan alat musik biola, recorder, pianika, keyboard, tapi nggak jago..
    genre musik yang disuka : pop, jazz, beberapa lagu klasik, rock juga suka. Soalnya asik dan bisa ngasih efek enak ke perasaan :D

    BalasHapus
  25. Nama : Detti Apriliani Garniti
    Kelas : XI-akselerasi
    alat musik yang bisa saya mainkan yaitu : pianika, rekorder, kastanyet dan triangle.
    Saya suka jenis musik klasik, pop-jazz/swing dan latin.Saya suka klasik karena bisa menjadi mind-therapy saya, pop-jazz karena musiknya lembut dan latin karena musiknya sangat enerjik.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Nama: Fabiant Adi Wibowo
    Kelas: XI Akselerasi
    Alat musik yang bisa di mainkan : Gitar dan Pianika
    saya suka musik ber-genre : Pop-jazz , Blues ,Instrumental (kurang tau namanya, pokoknya ga ada yg nyanyi)

    BalasHapus
  28. Nama : Rakhmat Abimanyu P.
    Kelas : XI-Aksel
    Alat musik yang bisa saya mainkan adalah rekorder, pianika, dan gitar (dikit). Saya suka hampir semua genre musik, kecuali lagu Indonesia yang melayu mendayu-dayu gitu Pak hehe.

    BalasHapus
  29. Nama : Fauzan Illavi
    Kelas : XI.akselerasi
    bisa main pianika dan piano (dulu pas sd pak sekarang udah lupa semua hehe), genre musik yang disuka : jazz, pop, pop rock, pop jazz dan country pokoknya bukan yang metal dan melayu indonesia sekarang soalnya menurut saya gak enak didengar

    BalasHapus

Musical Instrumen

Musical Instrumen
circle Guitar