Sabtu, 31 Oktober 2009

Rhoma Irama VS Penghargaan

Gelar profesor kehormatan (professor honoris causa) American University of Hawaii. Dianugerahkan kepada Rhoma Irama. Setuju Sobat?

Sebagai Pribadi Saya mengiyakan bahwasanya Rhoma Irama pantas dihargai sebagai seniman hebat. Beliau seorang yang konsisten dan fokus pada satu jenis musik yaitu Musik Pop melayu Indonesia, atau istilah Gaulnya Musik dangdut ( Dangdut merupakan salah satu dari genre seni musik yang berkembang di Indonesia. Bentuk musik ini berakar dari musik Melayu pada tahun 1940-an. Dalam evolusi menuju bentuk kontemporer sekarang masuk pengaruh unsur-unsur musik India (terutama dari penggunaan tabla) dan Arab (pada cengkok dan harmonisasi). Perubahan arus politik Indonesia di akhir tahun 1960-an membuka masuknya pengaruh musik barat yang kuat dengan masuknya penggunaan gitar listrik, efek distorsi, delay, dan juga bentuk pemasarannya terpengaruh musik barat. Sejak tahun 1970-an dangdut boleh dikatakan telah matang dalam bentuknya yang kontemporer. Sebagai musik populer, dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain, mulai dari keroncong, langgam, degung, gambus, rock, pop, bahkan house music. Penyebutan nama “dangdut” merupakan onomatope dari suara permainan tabla (dalam dunia dangdut disebut gendang saja) yang khas dan didominasi oleh bunyi dang dan ndut. Nama ini sebetulnya adalah sebutan sinis dalam sebuah artikel majalah awal 1970-an bagi bentuk musik melayu yang sangat populer di kalangan masyarakat kelas pekerja saat itu)

Faktanya adalah beliau melakukan revolusi besar musik PoP melayu Indonesia atau istilah gaulnya musik dangdut. Revolusi dalam hal Pola musik, Harmoni, instrument musik, progressi akor, pola Birama, Pola Beat dan syairnya. Dangdut di tangan Rhoma, bukan dangdut seperti lagu melayu maupun lagu India. beliau bahkan memadukan dangdut dengan rock dan melahirkan ciri tersendiri. Kekayaan warna musik, melodi yang indah adalah ciri khas lagu Rhoma. Seperti yang saya katakana Dalam hal syair, Rhoma Irama juga hebat. Semua sendi kehidupan masyarakat Dia tuangkan dalam bentuk lagu, kebobrokan sosial, kritik sosial, budaya masyarakat Indonesia sehari-hari, beliau mengubah kesan lagu dangdut yang cuma bicara masalah penderitaan menjadi lebih segar seperti nasehat untuk orang muda, salah satu contoh lirik beliau yang mengkritisi perilaku masyarakat (Yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin, gali lubang tutup lubang), judi, hal-hal yang haram, Mirasantika, minuman keras dan narkotika dsb.
Lagu-lagu seperti Darah Muda, Begadang II, Haram,Kiamat dan masih banyak lagi adalah contoh dimana Rhoma adalah pencipta lirik dan konseptor musik yang hebat. Saya Menilai Bahwa Ketika Pemusik Lain memainkan Tema lagu berlatar Cinta dan Cinta, Rhoma Irama sudah Jauh mengeksplorasi kata2 dan lirik diluar itu,beliau juga menghilangkan kesan goyang dangdut adalah jorok. Rhoma mengangkat martabat musik dangdut ke tempat yang terhormat.

Jadi Saya Menilai Dalam hal-hal tertentu seperti kepeloporan,inovasi baru dalam karya musik, banyaknya lagu yang dihasilkan, banyaknya pecinta/penikmat musiknya atau penggemar fanatiknya, lamanya bertahan ditengah persaingan yang luar biasa Ketat, Rhoma Irama bisa disejajarkan para Legend lainnya dengan Koes Plus, Guruh, Chrisye. Titik Puspa dll. Rhoma Irama Adalah termasuk Musisi legend lainnya yang besar di tanah air. Menjadi besar di tanah Air, Menjadi Bagian Yang memiliki andil Besar Terhadap bangsa ini. Maka Selayaknya kita berjiwa Besar untuk Mengakui Bahwasanya Para Musisi ini adalah Aset Budaya Milik Bangsa Indonesia Yang wajib Kita Keraskan suaranya, Bukan Malah Menenggelamkannya, Kita Junjung Namanya, bukan Kita Lirihkan Suaranya,dan kita Banggakan Karyanya, Bukannya kita Tonjolkan Keburukannya, The Fact is, “Kalau Bangsa Mau Terlihat Besar, Hargai Bagian Terkecil dari Suatu karya Yang Kita Anggap tidak Penting”.

Bagaimana Menurut Sobat tentang ini? Karya seni seperti apa sih yang Sobat2 anggap paling Baik? Sejauh mana peran Sobat2 dalam mengapresiasi Sebuah karya dan mengkritisinya? Rhoma Irama/ siapakah Para Seniman Indonesia yang menurut Anda bisa dikategorikan sebagai Legend?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musical Instrumen

Musical Instrumen
circle Guitar